Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 25 September 2018

Program Kerja Departemen Kesekretariatan

Unknown




Rancangan Program Kerja

Departemen Kesekretariatan

IKATAN PEMUDA PEMUDI PIONEER (IPPI)

Masa Bakti 2017 – 2020

I.     PENDAHULUAN

Assalamu’alaikum wr. wb.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan nikmat yang senantiasa dilimpahkan kepada kami, sehinggadapat menyusun Program Kerja Departemen Kesekretariatan IPPI periode 2017 - 2020 ini. Setiap Organisasi memiliki bagian Kesekretariatan yang membantu tugas Sekretaris umum dalam mengatur jalannya administrasi dan juga mengatur kerumahtangaan IPPI.

Menurut GBHPKO ada 2 pola dasar haluan Program Kerja sebagai berikut:

A.    Pola Kerja Haluan Jangka Panjang

Program Kerja yang dilaksanakan mengacu pada usaha untuk menggerakan pemuda pemudi agar menjadi intelektual yang berorientasi kedepan, mampu menggalang kerja sama yang harmonis keberbagai pihak, tanggap dalam perkembangan IPTEK serta berdedikasi terhadap lingkungan sekitar,bangsa dan Negara.

B.     Pola Kerja Haluan Jangka Pendek

Merupakan suatu pola kerja dalam jangka waktu 1 periode kepengurusan yang diarahkan pada Departemen dan Divisi. Arahan Program Kerja Departemen Kesekretariatan disusun sebagai berikut:

a)      Membantu Tugas Sekretaris Umum dalam mengkoordinir administrasi IPPI

b)      Mengkoordinin tugas tugas Kesekretariatan Inventaris dan Kerumahtanggan IPPI.

II.     PROFILE DEPARTEMEN KESEKRETARIATAN

II.I        Kepala Departemen

Nama             : Andre Satria Purnama

Panggilan      : Namnung

TTL               : Bandar Lampung, 11 Agustus 1999

No. Hp          : 0897-0085-930

Email             : Andreeesatria@gmail.com



II.II     Sekretaris Departemen

Nama             : Tubagus Sakha Saiir

Panggilan      : Sakha/Song
TTL               : Bandar Lampung, 23 Juli 1999

No. Hp          : 0895-3457-8761
Email             :
saksong23@gmail.com



II.III   Anggota Departemen

Nama             : Aldo Putra Perdana
Panggilan      : Aldo
TTL               : Bandar Lampung, 29 juni 2002

No. Hp          : 0823-7812-7812
Email             : aldo
perdana@gmail.com



Nama             : Maulana Aby Pangestu
Panggilan      : Aby
TTL               : Bandar Lampung, 15 Mei 2003

No. Hp          : 0858-5330-1866
Email             : maulanaabi1505@gmail.com



Nama             : Dimas Prasetyo
Panggilan      : Dimas
TTL               : Bandar Lampung, 24 Maret 2003

No. Hp          : 0853-5754-5673
Email             : dpnprogaming@gmail.com



Nama             : M.Afdal Gustiansyah
Panggilan      : Afdal
TTL               : Bandar Lampung, 14 Agustus 2002

No. Hp          : 0853-7977-2657
Email             : mafdalgustiansyah@gmail.com


III.     VISI DAN MISI

III.I     Visi

Sebagai wadah informasi terkait dengan investarisasi dan pengarsipan yang efektif dalam peningkatan kinerja

III.II  Misi

1.      Meningkatkan dan menjaga komunikasi yang baik antar pengurus.

2.      Mengoptimalkan kearsipan, penataan kesekretariatan.

3.      Melakukan koordinasi dengan sekretaris umum mengenai pengelolaan dokumen penting.



        IV.     DESKRIPSI KERJA

1.         Penyediaan Sekretariat.

2.         Mendata dan Menyediakan Inventaris Sekretariat.

3.         Time Table Kegiatan.

4.         Pengarsipan dan Pendokumentasian Surat

5.         Pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA).

6.         Pengembangan Sekretariat,

7.         Penyediaan Kotak Saran.

8.         Pengarsipan Hasil Rapat



V.     PROGRAM KERJA

NO
Indikator
Keterangan
1.       
Penyediaan Sekretariat

Latar Belakang
Setiap organisasi membutuhkan suatu tempat untuk berkumpul, pengarsipan dokumen, penyimpanan inventaris,dan pusat administrasi. Oleh karena itu Sekretariat sangat dibutuhkan sebagai sarana penunjang organisasi.

Gambaran Kegiatan
Menyediakan Sekretariat IPPI.

Tujuan
1.  Menjadikan Sekretariat sebagai tempat berkumpul.
2.  Menjadikan Sekretariat sebagai pusat Administrasi
3.  Menjadikan Sekretariat sebagai tempat penyimpanan dokumen penting dan inventaris barang.

Tempat
JL.Ahmad Yani Gg.Pioneer No. 21/24 Gotong Royong Bandar Lampung (Kediaman Ibu Toety Khanan)

Waktu

Awal Kepengurusan IPPI (Minggu pertama Bulan Desember 2017)


TUK
Tersedianya Sekretariat

PIC
Departemen Kesekretariatan IPPI

SC
 Andre Satria Purnama

Sasaran
Lingkungan RT 01 & 02 Gotong Royong

Dana
 Rp. 100.000,- /bulan
2.       
Inventaris Sekretariatan

Latar Belakang
Suatu kegiatan dimana bidang Kesekretariatan melakukan
Kegiatan pendataan dan penyediaan Inventaris barang yang dibutuhkan Organisasi, guna sarana pendukung dalam melakukan setiap kegiatan.

Gambaran Kegiatan
Pendataan dan Penyedian Inventaris Sekretariat IPPI.

Tujuan
1.    Mendata barang barang yang ada di dalam Sekretariat
2.    Menyediakan barang barang yang dibutuhkan, guna memperlancar kegiatan Kesekretariatan.

Tempat
Sekretariat IPPI

Waktu

Selama Kepengurusan IPPI, periode 2017-2020.


TUK
1.    95% Inventaris Sekretariat terarsip rapih dalam bentuk softcopy (barang rusak maupun barang layak pakai)
2.    Semua barang barang yang dibutuhkani Sekretariat telah tersedia dan tersusun rapih,seperti alat-alat kantor dan alat kebersihan
3.    Barang barang yang ada di Sekretariat telah terdata sesuasi dengan kalsifikasi jenisnya.

PIC
 Seluruh Anggota Departemen Kesekretariatan

SC
1.    Andre Satria Purnama
2.    Rizki Syahputra Wijaya

Sasaran
Seluruh Inventaris yang dibutuhkan Sekretariat.

Dana
Rp. 500.000,-
3.       
Time Table Kegiatan

Latar Belakang
Setiap Organisasi pada umumnya memiliki rencana pelaksanaan suatu kegiatan dan jadwal pelaksanaan kegiatan.agar dapat mengetahui kapan harus melakukan perencanaan kegiatan dan kapan kegiatan tersebut dilaksanakan,Sehingga kegiatan tersebut memiliki tingkat efisiensi waktu yang baik.

Gambaran Kegiatan
Membuat Time Table Kegiatan Masing masing Departemen IPPI.

Tujuan
1.    Mempermudah masing masing Departemen dalam mengatur waktu sehingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan lancer dan berjalan sebagaimana mestinya.
2.    Sebagai alternatif bagi pelaksana kegiatan dalam menghadapi keterlambatan rencana dan menentukan percepatannya.

Tempat
Sekretariat IPPI

Waktu

Selama masa kepengurusan IPPI periode 2017-2020,Maintenance 1 bulan sekali


TUK
1.    Terealisasikannya Time Table
2.    Setiap kegiatan berjalan sesusai dengan waktu yang telah tertulis pada Time Table dan tidak boleh meleset jauh dari tanggal yang telah ditertulis di Time Table

PIC
Departemen Kesekretariatan

SC
Andre Satria Purnama

Sasaran
Seluruh Program Kerja IPPI

Dana
100.000,-
4.       
Pengarsipan dan Pendokumentasian Surat

Latar Belakang
Pengarsipan dan pendokumentasian surat adalah suatu rangkaian kerja yang teratur dan dapat dijadikan pedoman untuk menyimpan arsip sehingga saat diperlukan dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat,oleh karena itu pengarsipan surat sangat berpengaruh pada semua kegiatan dengan pengelolaan di segala Departemen IPPI.

Gambaran Kegiatan
Mengarsipkan dan mendokumentasi surat masuk dan surat keluar

Tujuan
1.   Memudahkan pencarian surat dengan cepat dan tepat jika diperlukan.

Tempat
Sekretariat IPPI

Waktu

Selama kepengurusan IPPI ,Maintenance 1 bulan sekali.


TUK
85 % dokumentasi notulensi pada rapat rutin terarsip dan rapat rutin diadakan minimal sebulan sekali setiap hari senin minggu keempat per bulan.

PIC
Seluruh Sekretaris Departemen IPPI

SC
 Rizki Syahputra Wijaya
Tb. Sakha Sai’ir

Sasaran
Sekretaris Departemen IPPI

Dana
0
5.       
Pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA)

Latar Belakang
Sebuah organisasi umunya memiliki kartu tanda anggota (KTA) sebagai identitas keanggotaan suatu organisasi,selain itu dapat digunakan sebagai tanda pengenal dalam sebuah kegiatan.

Gambaran Kegiatan
Mencetak Kartu Tanda Anggota (KTA).

Tujuan
1.    Sebagai identitas anggota.
2.    Sebagai tanda keanggotaan IPPI.

Tempat
Percetakan yang ada di Bandar Lampung.

Waktu

Pertengahan bulan Maret 2019


TUK
Tersedianya Kartu Tanda Anggota (KTA)

PIC
Departemen Kesekretariatan dan Divisi Komunikasi & Informasi IPPI.

SC
1.      Andre Satria Purnama
2.      Rachma Z.Monanda Siregar

Sasaran
Seluruh pengurus IPPI

Dana
Rp. 350.000.-
6.       
Pengembangan Sekretariat

Latar Belakang
Dalam organisasi Sekretariat adalah salah satu sarana  penting oleh karena itu setiap anggota organisasi wajib merawat dan mengembangkan sekretariat dengan semaksimal mungkin sehingga terciptanya rasa sayang dan cinta terhadap sekretariat.



Gambaran Kegiatan
1.  Perawatan Sekretariat.
2.  Penataan Sekretariat (pada jangka waktu tertentu).
3.  Menciptakan Tata Tertib Sekretariat.

Tujuan
1.   Menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif di Sekretariat.
2.   Memaksimalkan Sekretariat ,guna kelancaran berjalannya organisasi.
3.   Menimbulkan rasa kecintaan anggota kepada Sekretariat.

Tempat
Sekretariat IPPI

Waktu

Selama masa kepengurusan IPPI.


TUK
Jika pengurus berhasil merawat dan mengembangkan Sekretariat.

PIC
Departemen Kesekretariatan

SC
1.      Andre Satria Purnama
2.      Rizki Syahputra Wijaya

Sasaran
Semua sarana dan prasarana yang ada di sekretariat.

Dana
Rp. 100.000,-
7.       
Penyediaan Kotak Saran

Latar Belakang
Guna mengumpulkan semua keluhan dan tanggapan masyarakat juga anggota tentang jalannya organisasi,Kotak saran adalah salah satu media yang dapat digunakan .karna dengan adanya kotak saran ini maka kita dapat mengetahui tanggapan masyarakat tentang organisasi yang kita jalankan baik berupa saran maupun kritik sehingga organisasi dappat berjalan dengan lebih baik lagi.


Gambaran Kegiatan
Menyediakan kotak saran sebagai media untuk menyampaikan aspirasi baik berupa saran maupun kritik.

Tujuan
1.  Mengumpulkan saran dan kritik masyarakat demi kemajuan IPPI.
2.  Menjadi media komunikasi dengan masyarakat.

Tempat
Sekretariat IPPI.

Waktu

Febuari 2019 (Maintance pembukaan kotak saran 1 minggu sekali)


TUK
1.   Trealisasikannya kotak saran.
2.   Masyarakat mengetahui adanya kotak saran tersebut.

PIC
Departemen Kesekretariatan.

SC
1. Presidium IPPI.
2.Andre Satria Purnama.

Sasaran
Semua masyarakat di Lingkungan RT 01 & RT 02.

Dana
Rp. 100.000,-
8.       
Pengarsipan Hasil Rapat

Latar Belakang
Dari semua asset yang dimiliki organisasi arsip rapat adalah salah satu asset yang cukup berharga,sebagai bukti bahwa telah diadakanya rapat dan juga bisa menjadi memo yang mungkin suatu saat akan dibutuhkan.


Gambaran Kegiatan
Mengarsipkan semua hasil rapat yang telah dilakukan IPPI.

Tujuan
1.  Sebagai bukti telah terjadinya rapat.
2.  Sebagai Memo yang mungkin dibutuhkan di kemudian hari.

Tempat
Sekretariat IPPI

Waktu

Selama masa kepengurusan IPPI.


TUK
1.  90% hasil rapat tercatat dengan rapih dalam bentuk softcopy.
2.  Lembaran hasil rapat tersusun dan tertata rapih di Sekretariat.

PIC
Departemen Kesekretariatan

SC
Andre Satria Purnama

Sasaran
Setiap rapat yang dilaksanakan IPPI.

Dana
Rp. 100.000,-




Unknown / Author & Editor

TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUR, TERBENTUK

0 komentar:

Posting Komentar

Join Us

Most Trending

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Templatelib