Rancangan Program Kerja
Sekretaris Umum
IKATAN PEMUDA PEMUDI PIONEER (IPPI)
Masa Bakti 2017 – 2020
Sekretaris Umum
IKATAN PEMUDA PEMUDI PIONEER (IPPI)
Masa Bakti 2017 – 2020
I. PENDAHULUAN
Assalamu’alaikum wr. wb.
Alhamdulillah,
puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan nikmat yang senantiasa
dilimpahkan kepada kami, sehingga dapat menyusun Program Kerja Sekretaris Umum IPPI
periode 2017 - 2020 ini. Setiap Organisasi memiliki sekretariattan. Selain itu
pada sebuah organisasi dibutuhkan orang yang bertugas mengatur dan mengawasi
lalu lintas administrasi. Oleh karena itu IPPI memiliki sebuah badan yang
dinamakan Sekretaris Umum yang membackup Departemen Kesekretariatan.
Sekretaris
Umum yang berperan memberikan supporting system sebaik-baiknya demi menunjang
organisasi IPPI yang tertib secara administrasi dan efektif dalam melaksanakan
tugas-tugasnya. Menurut Anggaran Rumah
Tangga (ART) IPPI Pasal 8 Tentang Fungsi, Wewenang, dan Tanggung Jawab, Sekretaris
Umum memiliki tugas antara lain:
a. Membantu
Ketua Umum mengoordinasikan dan mengontrol semua departemen dan divisi.
b. Bertanggung
jawab terhadap pengelolaan administrasi internal organisasi.
c. Berkewajiban
menyusun program kerja melalui rapat pimpinan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan
setelah pelantikan.
d. Membuat
kebijakan untuk Sistem Pengendalian Internal Administrasi (SPIA) organisasi.
e. Bersama
Ketua Umum mengeluarkan rekomendasi dan surat keputusan serta menandatangani
surat-surat keluar dan administrasi lainnya.
f. Secara khusus mengoordinasikan, mengontrol
dan yang mengurusi kesekretariatan serta sekretaris departemen dan divisi.
g. Menampung
dan menyampaikan aspirasi Pemuda-Pemudi kepada Ketua Umum.
h. Menyampaikan
usulan, saran dan pendapat dalam pengambilan kebijakan kepada Ketua Umum.
i. Membuat
laporan pertanggung jawaban kepengurusan
II. PROFIL SEKRETARIS UMUM IPPI
Nama :
Rizki Syahputra Wijaya
Panggilan :
Tata
TTL :
T. Karang, 16 Oktober 1995
No. Hp :
0813-6883-2944
Email :
Rizkisyahputrawijaya@gmail.com
III. VISI DAN MISI
III.I
Visi
Menumbuhkan sikap tertib
administrasi serta meningkatkan koordinasi demi mewujudkan pemuda pemudi yang
insklusif, progresif dan prestatif.
III.II
Misi
1.
Tertib dalam Administrasi dengan menciptakan
dan menjalankan Sistem Pengendalian Internal Administrasi ( SPIA ),
2.
Menjalin Koordinasi antar Sekretaris
Departemen sehingga tercipta kesinergisan antar Sekretaris.
3.
Menumbuhkan kreasi serta inovasi baru
dalam bidang sekretariatan,
4.
Pengelolaan system yang tertata rapih
serta diiringi dengan langkah yang professional.
IV.
DESKRIPSI
KERJA
1.
Mengatur
pengelolaan surat keluar/masuk,
2.
Menciptakan
Sistem Pengendalian Administrasi ( SPIA ),
3.
Mengatur
Administrasi,
4.
Tata
tertib sekretariat,
5.
Inventarisasi
barang sekretariat,
6.
Pendokumentasian
buku rapat,
7.
Pengembangan
Sekretariat,
8.
Publikasi
surat/paket yang masuk ke sekretariatariat IPPI
V.
PROGRAM KERJA
NO
|
Indikator
|
Keterangan
|
1.
|
Sistem Pengendalian Internal Administrasi ( SPIA
)
|
|
Latar Belakang
|
Perlu adanya standarisasi administrasi dalam berorganisasi maka Sistem
Pengendalian Internal Administrasi disusun untuk
membuat suatu standar dalam Penyusunan program kerja, penyusunan KSK, time
table kegiatan, Proposal Kegiatan & LPJ, LPJ akhir tahun organisasi dan
panduan persuratan di dalam lingkungan IKATAN PEMUDA PEMUDI PIONEER tanpa
bermaksud untuk membatasi kreativitas rekan-rekan Pemuda/i, khususnya panitia
suatu kegiatan.
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Menciptakan dan
menyediakan buku SPIA agar menjadi pedoman dari masing – masing sekretaris
departemen.
|
|
Tujuan
|
Menciptakan
suatu standar dalam penyusunan Program Kerja, KSK, time table kegiatan, Proposal Kegiatan & LPJ, LPJ akhir tahun
organisasi dan panduan persuratan di dalam lingkungan IKATAN PEMUDA PEMUDI
PIONEER
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
15 Desember 2017 |
|
TUK
|
Tersedianya satu buku Sistem
Pengendalian Internal Administrasi (SPIA)
|
|
PIC
|
Seluruh Sekretaris Departemen IPPI
|
|
SC
|
Rizki Syahputra Wijaya
|
|
Sasaran
|
Sekretaris
Departemen IPPI
|
|
Dana
|
Rp. 60.000,-
|
|
2.
|
Penyusunan Program Kerja IPPI
|
|
Latar Belakang
|
Program
kerja dapat diartikan sebagai suatu rencana kegiatan dari organisasi yang
terarah, terpadu dan tersistematis yang dibuat untuk rentang waktu yang telah
ditentukan oleh suatu organisasi. Program kerja ini akan menjadi pegangan
bagi organisasi dalam menjalankan rutinitas roda organisasi. Program kerja
juga digunakan sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan, visi, dan misi dalam organisasi.
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Penyusunan program kerja
seluruh departemen IPPI
|
|
Tujuan
|
Mendata dan menyusun program
kerja seluruh departemen IPPI
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
Diawal kepengurusan IPPI periode 2017 – 2020 (Ahir bulan Desember 2018 / Januari 2019 ) |
|
TUK
|
1.
Program kerja semua departemen IPPI telah diajukan pada Dewan
Penasihat IPPI, Ketua RT
01 dan RT 02 Kelurahan Gotong Royong.
2.
Program kerja terdata dan tersusun rapi
|
|
PIC
|
Seluruh kepala departemen IPPI
|
|
SC
|
Presidium
|
|
Sasaran
|
Departemen
IPPI
|
|
Dana
|
Rp. 50.000,-
|
|
3.
|
Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar
|
|
Latar Belakang
|
Organisasi akan berjalan baik jika
administrasi di dalamnya baik juga. Salah satu media komunikasi antara pihak
internal dan eksternal adalah surat. Agar komunikasi dapat terorganisir
dengan baik dibutuhkan pengarsipan yang teratur. Surat masuk dan keluar
secara tidak langsung menggambarkan apa saja kegiatan yang dilakukan suatu
organisasi, sehingga dengan pengarsipan tersebut surat masuk dan keluar dapat
diketahui semua anggota dengan baik dan rapih.
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Mengarsipkan
surat keluar dengan bentuk softcopy dan surat masuk dengan bentuk
softcopy/hardcopy.
|
|
Tujuan
|
1.
Mengatur
penyimpanan surat masuk dan keluar agar mempemudah pendataan saat diperlukan.
2.
Memudahkan
proses pembuatan surat keluar kedepannya.
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
Selama masa kepengurusan IPPI periode 2017 – 2020 dan di Maintenance setiap Minggu ke empat setiap bulannya. |
|
TUK
|
1.
95 %
surat keluar terarsip rapih dalam bentuk softcopy
2.
70 %
surat masuk terarsip rapih dalam bentuk softcopy / hardcopy.
|
|
PIC
|
Departemen Kesekretariatan
|
|
SC
|
1. Rizki Syahputra Wijaya
2. Zulham Donna Siregar
|
|
Sasaran
|
Surat
masuk dan surat keluar pada selingkup IPPI dan sekitarnya.
|
|
Dana
|
0
|
|
4.
|
Forum Sekretaris
|
|
Latar Belakang
|
Organisasi akan berjalan baik jika sebelum
dilaksanakan kegiatan harus diadakan rapat terlebih dahulu. Dalam
pelaksanaannya, setiap departemen memerlukan sekretaris untuk mengatur surat
dan notulensi. Untuk mengontrol dan memantau dari notulensi rapat, serta
tercatatnya surat masuk dan keluar dari masing-masing bidang agar sesuai
dengan aturan yang telah dibuat. Demi terjalin hubungan yang baik antar
pengurus maka diadakan forum sekretaris yang wajib dihadiri masing-masing
sekretaris bidang yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali..
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Mengadakan forum antar
sekretaris departemen
|
|
Tujuan
|
1.
Agar
terjalin hubungan silaturrahmi yang baik antar-sekretaris departemen.
2.
Mengecek
pendokumentasikan notulensi rapat masing – masing departemen IPPI.
3.
Membuat
progress pengerjaan laporan program kerja bekerja sedari dini sehingga
didapat hasil akhir berupa laporan pertanggungjawaban IPPI.
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
Selama
kepengurusan IPPI setiap satu kali per bulannya.
|
|
TUK
|
85 % dokumentasi notulensi pada rapat rutin
terarsip dan rapat rutin diadakan minimal sebulan sekali setiap hari senin
minggu keempat per bulan.
|
|
PIC
|
Seluruh Sekretaris Departemen IPPI
|
|
SC
|
Rizki Syahputra Wijaya
|
|
Sasaran
|
Sekretaris
Departemen IPPI
|
|
Dana
|
0
|
|
5.
|
Pendokumentasian Notulensi
|
|
Latar Belakang
|
Notulensi sangat penting dilakukan untuk
mengetahui hasil-hasil yang di dapat pada saat melakukan rapat. Baik hal
tersebut berupa rencana kerja, evaluasi suatu kegiatan, atau yang lainnya,
hal ini akan membantu anggota dan pengurus IPPI dalam mengingat dan
mengetahui hal-hal penting apa saja yang telah dihasilkan pada saat rapat
yang pernah dilakukan dan juga sebagai arsip dalam lampiran Laporan
Pertanggungjawaban.
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Mendokumentasikan
Notulensi disetiap rapat
|
|
Tujuan
|
1.
Sebagai
alat bukti terlaksananya rapat
2.
Sebagai
sumber informasi untuk peserta rapat yang tidak hadir
3.
Sebagai
pedoman untuk rapat berikutnya
4.
Sebagai
alat pengingat untuk tiap-tiap departemen / divisi.
5.
Sebagai
dokumen untuk pengarsipan
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
Selama
kepengurusan IPPI setiap satu kali per bulannya.
|
|
TUK
|
Tersedianya buku notulensi rapat rutin
untuk masing-masing departemen serta buku notulensi rapat kegiatan.
|
|
PIC
|
Seluruh Sekretaris Departemen dan sekretaris kegiatan IPPI
|
|
SC
|
Rizki Syahputra Wijaya
|
|
Sasaran
|
Seluruh
pengurus IPPI
|
|
Dana
|
Rp. 100.000,-
|
|
6.
|
Inventaris Barang
|
|
Latar Belakang
|
Seluruh barang yang ada di dalam
sekretariat IPPI harus dijaga dan dipergunakan dengan baik untuk mendukung
kegiatan. Oleh karena itu, perlu adanya inventarisasi pengadaan barang yang
bertujuan untuk meminimalisir tingkat hilangnya barang yang ada di
sekretariat, mendata seluruh barang yang ada di sekretariat, dan menyiapkan
barang-barang yang diperlukan untuk kepentingan sekretariat
|
|
Gambaran Kegiatan
|
Menyediakan dan mendata
barang di sekretariat IPPI.
|
|
Tujuan
|
1.
Menyediakan
keperluan barang-barang sekretariat, seperti alat kebersihan, alat tulis
kantor dan alat penunjang kegiatan IPPI lainnya.
2.
Mendata
semua barang yang ada di sekretariat.
3.
Menindak
lanjuti barang rusak atau hilang di sekretariat.
|
|
Tempat
|
Sekretariat IPPI
|
|
Waktu
|
Diawal kepengurusan IPPI periode 2017 – 2020 dan di Maintenance setiap Minggu ke satu setiap bulannya. |
|
TUK
|
1.
95 %
inventaris yang ada di sekretariat IPPI terarsip rapih dalam bentuk softcopy
(baik barang rusak maupun barang layak pakai)
2.
Semua
barang yang ada di sekretariat IPPI telah terdata dan terklasifikasi
berdasarkan jenisnya dan terdokumen (kecuali alat tulis kantor, buku dan
kardus berisi arsip file/barang yang tidak produktif).
3.
Telah
tersedia perlengkapan barang yang diperlukan disekretariat IPPI seperti alat
kebersihan dan alat tulis kantor.
|
|
PIC
|
Departemen Kesekretariatan
|
|
SC
|
1.
Rizki Syahputra
Wijaya
2.
Andre Satria
Purnama
|
|
Sasaran
|
Semua
barang inventaris yang berada di sekretariat IPPI.
|
|
Dana
|
Rp. 100.000,-
|
0 komentar:
Posting Komentar